Bitter. Sweet. Sour. Spicy.

Drama ART part ke sekian..

Posted on: June 24, 2023


Setelah hidup lumayan tentram dengan 1 ART selama 6 tahunan, akhirnya ngerasain lagi drama ART gen Z (atau apapun itu labelnya, intinya usia lulus SMA – mid 20s).

Berawal dari tahun lalu Bibi tiba-tiba minta berhenti. Gak ada masalah, tapi memang jodohnya kayaknya cuma sampai di situ. Lebih ke tenaganya yang udah ga kuat untuk kerja seharian, sementara saya yang baru aja lahiran anak ketiga malah lagi butuh-butuhnya dibantu seharian. Dengan pertimbangan itu, akhirnya saya dan suami memutuskan untuk cari ART menginap. Kami pun merapikan kamar ART yang tadinya difungsikan sebagai gudang supaya lebih layak untuk dihuni.

ART 1 usia 27 tahun. Bertahan 5 bulan. Pulang pas Lebaran dengan janji bakal balik lagi dan bajunya juga ditinggal. Tapi hari kedua mudik dia udah WA bilang ga bisa balik. Jujur, rasanya malah lega karena selama 5 bulan itu banyak barang yang rusak di tangannya. Tapi bete aja karena jadi harus beresin barang-barang dia yang ditinggal itu. Overall kerjanya bagus. Alhamdulillah.

ART 2 usia 23 tahun. Bertahan 2 minggu karena ternyata sakit TB Kelenjar. Gak bisa kena sabun cuci piring & deterjen karena itu bikin tangannya melepuh. Ya agak kontras kan dengan pekerjaannya sebagai ART? Padahal orangnya baik dan manis banget. Jadi bete karena dia bilang udah biasa kerja, tapi ternyata ini baru pertama kali kerja di perumahan. Biasanya kerja di rumah sendiri atau rumah tetangga. 🥲 Tapi balik lagi, karena baik anaknya, jadi ya udah deh ikhlasin aja jodoh yang cuma 2 minggu ini.

ART 3 usia 20 tahun. Bertahan 3 hari. Iya, TIGA HARI. Bukan karena sakit, tapi karena ga bisa tidur di kamarnya yang katanya kesempitan. Dia bilang: “kamar ibu enak ya, gede.” 🙂

Abis itu saya rehat dulu sekitar 2 minggu. Karena adaptasi sama ART baru itu (.buat saya) cukup menguras energi.

Lalu datanglah ART 4. Dengan pengalaman 3 ART sebelumnya, saya pun mencoba menjabarkan sedetil mungkin dari awal. Saya bahkan kasih foto kamarnya supaya ga ada lagi alasan kamar kesempitan. Saya tanya kondisi kesehatannya. Dan saya kasih persyaratan kalau pulang sebelum 1 bulan akan saya potong gajinya untuk bayar transport dia datang ke rumah saya. Setelah sepakat, akhirnya dia mulai bekerja.

Tapi Subhanallah, yang kali ini justru saya yang ga tahan. 🥲 Hampir 11 tahun berumah tangga dan berurusan sama berbagai macam ART, baru kali ini saya mengibarkan bendera putih.

ART 4, bilangnya usia 20 tapi ternyata masih 18 tahun. Bilangnya udah kerja ngasuh anak hampir 2 tahun tapi ga bisa megang bayi saya sama sekali. Malah bayi saya langsung nangis kalau dideketin sama dia.

Bilangnya bisa masak tapi fungsi wajan dan panci aja suka ketuker. Di rumah saya jadwal masak itu saya tulis beserta sumber buku resepnya. Tapi ternyata masak sop bening yang resepnya cuma bawang merah dan bawang putih aja jadinya hambar blaaass. Jadi bisa dibayangin lah ya nasib makanan lain yang agak lebih banyak bumbunya?

Jadi akhirnya tugas dia di rumah ini sebatas sapu-pel, cuci-setrika, cuci piring. Sisanya? ISTIRAHAT. 🥲 Pagi bangun tidur dia langsung bikin lemon tea + sarapan (untuk dirinya sendiri). Trus nanti jam 11-12 saya selesai masak, dia makan, lanjut masuk kamar, istirahat sampe Ashar. Bangun tidur beberes rumah sedikit, makan malam lalu adzan Isya udah masuk kamar lagi. Ga peduli tuh mau bayi saya nangis gegerungan pas saya lagi makan atau anak saya harus dibukain pintu pas pulang sekolah. Pokoknya kayak punya ART pulang pergi tapi bayar gajinya ART nginep gitu lah~ Additional cost di “makan ati” karena alih-alih makin ringan, pikiran saya makin berat karena nambah lagi makhluk hidup yang harus diurusin. Jadi nampaknya jodoh saya sama ART 4 pun tidak akan panjang.

Yang bikin Alhamdulillah dari drama ART ini adalah tawaran ART selalu datang dari berbagai penjuru. Jadi bisa dibilang, gak ada kesulitan untuk mencari penggantinya. Doain ya, semoga jika kelak ada ART 5, bisa panjang jodohnya sama keluarga saya. Aamiin!

Leave a comment